Hal penting dalam pemasangan batu tahan api

Pembangunan sebuah tungku berukuran besar ataupun dalam desain perapian membutuhkan bahan-bahan material tahan api. Pemilihan batu tahan api sudah dianggap tepat karena mampu bertahan dalam suhu tinggi, sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa dalam proses pemasangan batu tahan api membutuhkan hal-hal penting dari sebelum proses pemasangan sampai setelah pemasangan. Sehingga ketika proses pemasangan bisa dikatakan sempurna maka dari manfaat batu tahan api akan lebih terbukti.

Pemilihan batu tahan api tak boleh sembarangan karena membutuhkan banyak aspek penting, oleh sebab itu bagi kontraktor ataupun pengembang diharapkan mengetahui hal terpenting dalam proses pemasangannya.

  • Perhatikan Peletakan Batu

Karena berat dari batu tahan api terbilang cukup besar maka dari proses peletakannya harus sedekat mungkin dengan tempat pemasangan. Tidak ada perlakuan khusus dalam proses pemasangan namun harus memperhatikan aspek-aspek lain seperti mortar. Dari ketebalan mortar disarankan mencapai 2mm saja dan tidak boleh melebihi ukuran tersebut.

  • Menggunakan Mortar

Penggunaan mortar menjadi salah satu perhatikan karena harus dicampurkan bersama air. Sebelum digunakan sebisa mungkin rendam mortar hingga air benar-benar terserap dalam mortar yang membuat proses pencampurannya akan lebih merata. Anda bisa juga memasukkan mortar sedikit demi sedikit dalam wadah yang sudah berisi air lalu aduk memakai mixer hingga semua bahan tercampur rata.

  • Tak Perlu Menyiram Bata

Secara khusus dalam pemasangan batu tahan api juga diperlukan perhatian terutama tak boleh menyiram batu tahan api untuk proses mendinginkan suhu di ruang bakar. Ada dampak buruk jika Anda melakukannya yakni merusak struktur permanen pada permukaan dinding refractory karena adanya suhu yang turun secara cepat. Cobalah gunakan FD Fan untuk mendinginkan batu tahan api meskipun dari waktu pendinginan bisa lebih lama yakni sekitar 2 sampai 3 hari.

Proses pemasangan batu tahan api memang cukup rumit, akan tetapi dari aspek-aspek penting tersebut sangat membantu dalam pemasangannya. Jadi jangan asal memasang batu tahan api karena akan berdampak buruk jika Anda salah dalam memasangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s